Cara Registrasi Kartu Indosat

Posted on

Registrasi kartu Indosat prabayar penting untuk dilakukan oleh pelanggan, supaya bisa mengakses berbagai layanan seperti SMS, telepon, internet, dan transaksi online yang membutuhkan data nomor telepon tervalidasi.

Sejak diberlakukannya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016, beserta perubahannya, pelanggan wajib registrasi kartu prabayar dengan menyertakan data NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor KK (Kartu Keluarga).

Lantas, bagaimana cara registrasi kartu Indosat. Untuk registrasi kartu Indosat, setidaknya terdapat dua cara yang bisa dilakukan, yakni melalui SMS ke nomor “4444” (tanpa tanda kutip) dan lewat website “myim3.indosatooredoo.com”.

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan langkah-langkah registrasi kartu Indosat, baik yang melalui SMS maupun website, sebagaimana dilansir laman resmi Indosat.

1. Cara registrasi kartu Indosat via SMS

  • Ketik pesan dengan format seperti ini “NIK#Nomor KK#” (tanpa tanda kutip). Misalnya, “12345678#910111213#.
  • Setelah itu, kirim pesan SMS dengan format tersebut ke 4444.

Penting untuk diketahui, registrasi kartu Indosat tidak hanya diwajibkan untuk pelanggan baru, tapi juga pada pelanggan lama yang belum pernah daftar dengan menyertakan data NIK dan nomor KK.

Bila belum pernah menyertakan data tersebut maka pelanggan perlu registrasi ulang kartu Indosat. Untuk registrasi ulang kartu Indosat, caranya bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini.

  • Ketik pesan dengan format seperti ini “ULANG#NIK#Nomor KK#” (tanpa tanda kutip). Misalnya, “ULANG#12345678#910111213#.
  • Setelah itu, kirim pesan SMS dengan format tersebut ke 4444.

2. Cara registrasi kartu Indosat via website

  • Kunjungi situs web ini https://myim3.indosatooredoo.com/registration/index
  • Selanjutnya, masukkan nomor telepon dari kartu Indosat yang hendak diregistrasi.
  • Sebelum daftar, pastikan kartu Indosat telah terpasang di ponsel dulu.
  • Setelah memasukkan nomor telepon di situs web, silakan klik opsi “Verifikasi”.
  • Situs web “myim3.indosatooredoo.com”, bakal mengirim kode verifikasi via SMS ke nomor telepon dari kartu Indosat yang hendak didaftarkan itu.
  • Masukkan kode verifikasi ke situs web.
  • Kemudian, masukkan data NIK dan nomor KK pada kolom yang tersedia di situs web.
  • Terakhir, klik opsi “Verifikasi” dan kartu Indosat kini berhasil diregistrasi.

Untuk cek kartu Indosat sudah terdaftar atau belum, pelanggan bisa mengunjungi situs web ini https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index. Kemudian, masukkan data NIK dan nomor KK pada kolom di situs web itu, lalu klik opsi “Periksa”.

Status registrasi bakal muncul kemudian. Demikianlah informasi seputar dua cara registrasi kartu Indosat melalui SMS dan website dengan mudah, semoga bermanfaat.

Sumber: https://tekno.kompas.com/read/2022/08/13/18150017/2-cara-registrasi-kartu-indosat-dengan-mudah-via-sms-dan-website-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *