Cara Cek Nomor Smartfren

Posted on

Cara cek nomor Smartfren ternyata bisa kamu lakukan dengan berbagai metode. Tak sedikit pengguna yang hanya mengetahui satu cara untuk bisa mengetahui nomor mereka sendiri. Padahal, ada cara-cara lebih mudah, geng!

Smartfren merupakan salah satu provider yang banyak digunakan orang, karena menawarkan harga paket internet Smartfren yang terjangkau. Jadi, tak heran di Indonesia provider ini punya basis pelanggan besar.

Informasi nomor ponsel pun kerap kali diperlukan para pengguna operator ini untuk membeli pulsa hingga paket data. Kamu bisa mengecek nomor Smartfren sendiri, misal melalui kode UMB hingga WhatsApp.

Mau mengetahui cara cek nomor Smartfren 2022 terbaru yang gampang, cepat, dan tidak membutuhkan pulsa sama sekali? Langsung saja cek informasi Jaka di artikel berikut ini sampai habis, ya!

1. Cara Cek Nomor Smartfren di WhatsApp

Nomor kartu SIM Smartfren ini penting untuk diketahui karena dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Misalnya, membeli pulsa, paket internet, atau bahkan kelengkapan syarat administrasi.

Nah, mengecek nomor Smartfren juga bisa tanpa pulsa, yakni menggunakan aplikasi WhatsApp. Berikut ini cara cek nomor Smartfren 2022 dengan menggunakan WhatsApp:

    1. Buka aplikasi WhatsApp di HP.
    2. Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas.
    3. Pilih menu Settings atau Pengaturan.
    4. Pilih profil yang terdapat foto.

2. Cara Cek Nomor Smartfren via Missed Call

Kamu bisa melakuan trik ini untuk bisa mengetahui nomor Smartfren dengan menelepon nomor kontak lain tanpa perlu terhubung. Pastikan memiliki pulsa yang cukup untuk bisa melakukan atau mengecek dengan cara ini.

Berikut cara cek nomor Smartfren dengan missed call:

  1. Buka menu Telepon/Call.
  2. Pilih kontak orang terdekat.
  3. Klik Panggil/Call.
  4. Catat nomor Smartfren dari HP orang terdekat

3. Cara Cek Nomor Smartfren via Kode UMB *123#

UMB adalah sebuah layanan dari operator kepada pelanggan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Lewat kode UMB tertentu, pelanggan bisa mendapatkan layanan mengenai pembelian pulsa, paket data, hingga perpanjangan masa aktif.

Berikut cara cek nomor Smartfren melalui kode UMB:

  1. Buka menu Telepon/Call.
  2. Tekan kode UMB *123#.
  3. Tekan tombol Call.
  4. Tekan menu 8 untuk memilih opsi Info.
  5. Muncul informasi nomor telepon dan saldo pulsa.

4. Cara Cek Nomor Smartfren via Kode UMB *999#

UMB adalah sebuah layanan dari operator kepada pelanggan untuk mendapatkan informasi. Sebenarnya cara ini tak jauh beda dengan cara UMB di atas. Hanya berbeda di kode nomor, cara UMB ini bisa jadi alternatif ketika UMB sebelumnya gagal.

Berikut cara cek nomor Smartfren melalui kode UMB:

  1. Buka menu Telepon/Call.
  2. Tekan kode UMB *999#.
  3. Tekan tombol Call.
  4. Muncul informasi nomor telepon pengguna.

5. Cara Cek Nomor Smartfren Online via Aplikasi MySmartfren

Sekarang, hampir semua operator di Indonesia memudahkan penggunanya dengan menyediakan aplikasi mereka sendiri.

Operator yang dulu bernama Fren ini juga nggak mau ketinggalan karena mereka sudah memiliki aplikasi sendiri bernama MySmartfren, yang bisa digunakan sebagai cara cek nomor Smartfren Unlimited atau lainnya!

Lalu, bagaimana jika lupa nomor Smartfren? Langsung saja simak langkah-langkah di bawah ini!

  1. Download dan install aplikasi MySmartfren atau MySF melalui link berikut:
  2. Buka aplikasi MySmartfren.
  3. Lihat nomor Smartfren pada halaman utama aplikasi.

Selain sebagai untuk mengetahui nomor sendiri, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk cek kuota Smartfren kamu, loh.

Selain dari kedua fitur di atas, aplikasi ini juga memiliki fitur yang cukup beragam dan menarik. Makanya, buat kamu yang kebetulan menggunakan operator Smartfren, jangan lupa unduh dan pasang aplikasi mySmartfren, ya!

6. Cara Cek Nomor Smartfren Baru via Dial Up USSD

Sulit cek nomor Smartfren lama atau baru karena HP kalian sudah tidak memiliki ruang kosong untuk menginstal aplikasi baru? Tenang aja, geng!

Ada cara cek nomor Smartfren modem maupun perdana yang bisa kamu lakukan menggunakan metode dial up yang lebih praktis.

Selain caranya yang mudah, layanan dial up ini juga tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

  1. Buka aplikasi telepon di HP.
  2. Masukkan kode USSD *999# dan klik Call.
  3. Lihat nomor perdana kartu Smartfren pada jendela informasi.

Selain itu, perlu kamu ketahui juga bahwa awalnya kode dial USSD yang digunakan pada cara ini adalah *995#. Tetapi, kemudian diubah dengan kode cek nomor Smartfren terbaru tersebut.

7. Cara Melihat Nomor Smartfren lewat SMS

Dengan maraknya penggunaan aplikasi chatting, layanan SMS sudah semakin jarang digunakan untuk komunikasi.

Padahal, layanan SMS masih memiliki fungsi tersendiri, seperti di metode cara cek nomor Smartfren lewat SMS yang akan Jaka bahas di bawah ini!

  1. Buka aplikasi Messaging di HP.
  2. Kirim pesan dengan format CEK dan kirim ke 995.
  3. Tunggu balasan dari Smartfren.

Untungnya, cara cek nomor Smartfren lewat SMS ini juga tidak dikenakan biaya sama sekali. Memang Smartfren itu sangat bersahabat kalau soal biaya, ya, geng!

8. Cara Mengetahui Nomor Smartfren via Layanan Operator

Selain melalui ketiga cara sebelumnya, kamu juga bisa mencoba cara cek nomor Smartfren selain *995# melalui layanan operator alias Customer Service.

Namun, karena nomor telepon bersifat rahasia, biasanya kamu akan diminta untuk memberikan beberapa informasi pendukung seperti KTP untuk membuktikan bahwa kamu memang benar pemilik nomor tersebut.

Tak jarang, kamu pun akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan lainnya. Nah, untuk mengetahui nomor Smartfren via layanan operator kamu bisa menghubungi nomor 995 atau 500.

Pertanyaan tentang Masalah Cek Nomor Smartfren

Dalam aktivitas registrasi atau pengecekan nomor provider biasanya tak lepas dari masalah. Nah, beberapa pertanyaan tentang kegagalan registrasi bisa kamu simak melalui poin-poin di bawah ini.

Kenapa nomor Smartfren tidak terdaftar?

Salah satu alasan kegagalan untuk mendaftarkan kartu prabayar kamu biasanya karena kesalahan penulisan NIK dan nomor Kartu Keluarga (KK). Jadi, pastikan data NIK dan nomor KK yang kamu daftarkan sudah benar dan benar.

Bagaimana cara mengatasi kartu Smartfren tidak ada layanan?

Jika kartu Smartfren tidak ada layanan, kamu bisa mengunci jaringan HP. Caranya bisa kamu simak melalui tutorial di bawah ini.

  1. Buka Papan Tombol HP.
  2. Masukkan kode berikut:

*#*#4636*#*#

  1. Klik Call.
  2. Pilih SIM yang kamu gunakan Smartphone (SIM 1 atau SIM 2).
  3. Ubah ke LTE Only dan tunggu beberapa detik.

Akhir Kata

Itulah kumpulan cara cek nomor pribadi Smartfren terlengkap dari Jaka yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Sekarang, kamu bisa memiliki alternatif untuk bisa mengetahui nomor Smartfren sendiri, geng.

Jadi, kamu gak perlu bingung dan khawatir lagi pulsa habis, ya. Yang penting, saat mencari kode cek nomor Smartfren, harus berada di jaringan sinyal yang stabil.

Sumber: https://jalantikus.com/tips/cara-cek-nomor-smartfren/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *